28 September 2009

brangkat lageee....

setelah beberapa pekan lalu "gagal" berangkat karena kesibukan kerja, insyaAllah, akhirnya sore ini aku dan rekan relawan MER-C lain berangkat lagi ke Bandung menjumpai pengungsi korban gempa Jawa Barat.

Berlainan dengan opini media yang menyebutkan bahwa status penanganan bencana saat ini telah memasuki fase recovery (pemulihan), laporan warga yang masuk ke sekertariat MER-C malah menyebutkan mereka masih memerlukan bantuan pangan dan kesehatan.
Hmm, ada yang salah dengan persepsi masing-masing pihak. Atau malah kita yang kurang baik mengkomunikasikan konsep dan time-frame penanganan bencana

secara teori, siklus penanganan bencana terbagi menjadi rapid response (tanggap darurat), recovery & rehabilitation, mitigation (pelunakan) dan early warning system (sistem peringatan dini). Yah, namanya siklus nggak jelas mana yang ujung-pangkal. Tapi yg pasti urutan kerja berdasar impact bencana (saat bencana terjadi)

banyak literatur yang membatasi tanggap darurat sebatas 2 minggu sejak kejadian. Padahal secara tujuan, tanggap bencana berusaha untuk mempertahankan kehidupan untuk mengurangi jatuhnya korban jiwa lebih banyak dan kerugian material lebih besar. Secara praktis, hanya ada dua ancaman disini, bahaya kelaparan dan bahaya kesehatan. Jika mau dijabarkan, bahaya kesehatan diakibatkan oleh penyakit dan perubahan lingkungan sekitar

Jadi, memang semestinya kondisi tanggap bencana atau pemulihan diberlakukan tidak secara umum, tetapi melihat kesiapan orang dan infrastruktur yang berjalan. Bisa jadi di kabupaten A sudah masuk pemulihan tetapi di Kabupaten B masih bergulat dengan tanggap bencana karena medan yang lebih berat sehingga menyulitkan bantuan masuk.

Well, kembali ke persiapan pribadi, tampaknya perjalanan kali ini juga untuk membuktikan semua hal itu, apakah teori yang memang tidak laku untuk kondisi indonesia, atau media yang salah mengutip pernyataan pejabat daerah atau faktor x lain, atau semuanya.

yang jelas sih, another journey begins...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar